Gratis berlangganan artikel info-bengkulu via mail, join sekarang!
Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Kota Bengkulu Photo Bengkulu Sejarah Bengkulu Nama Bengkulu Sejarah Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu

Saturday | 8:48 PM | 1 Comments

Benda Zaman Perunggu di Museum Bengkulu

BENGKULU, KOMPAS.com--Museum Negeri Bengkulu menyimpan benda zaman perunggu berupa Nekara dan Guci China pada abad keempat dan sembilan, kata Kepala Seksi Koleksi dan Paripasi Museum Negeri Bengkulu Muhardi, Selasa."Benda bersejarah itu berasal dari zaman perunggu dan telah dikoleksi oleh Museum Negeri Provinsi Bengkulu sejak beberapa tahun lalu," katanya.
Ia mengatakan, benda zaman perunggu pada abad keempat yang menjadi koleksi Museum di Bengkulu antara lainnya adalah Nekara, dan abad ke sembilan benda berupa Guci China.
Nekara adalah benda yang terbuat dari bahan perunggu yaitu timah campuran tembaga, benda tersebut dibuat pada zaman perunggu.
Benda tersebut pada zamannya berpungsi sebagai genderang perang dan dapat juga digunakan untuk perlengkapan upacara.
Berumbung atau Nekara ditemukan masyarakat Desa Bumi Sari Kabupaten Rejang Lebong dan telah diserahkan untuk koleksi museum sebagai benda bersejarah.
Ia mengatakan kondisi benda peninggalan bersejarah itu saat ini dalam baik dan aman tersimpan di ruang pameran gedung museum Bengkulu.
Tidak semua benda yang ada di museum ini ditempatkan dalam ruangan pameran, hal itu untuk menjaga agar tidak rusak dan hilang, karena benda koleksi itu tidak hanya mempunya nilai sejarah saja sehigga benda tersebut dirahasiakan, katanya.
Dari sembilan jenis benda bersejarah di museum ini banyak benda berasal dari zaman purba yaitu benda koleksi filologika dan arkeologika.
Untuk menjaga kelestarian benda tersebut, pihak Museum akan menyimpan dan merawat sesuai tempat.
Benda tersebut bagian dari koleksi bersejarah lainnya, Museum negeri bengkulu menyimpan benda warisan budaya dan alam di proninsi Bengkulu sebanyak 6.070 situs, yang telah diteliti dan dirawat sebagai benda koleksi.

1 komentar:

Anonymous said...

artikelnya sangat bermanfaat buat menambah ilmu dan wawasan..
salam kenal.. ditunggu kunjungan baliknya...

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Zoomtemplate.com | Published by Info-Bengkulu
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.