Gratis berlangganan artikel info-bengkulu via mail, join sekarang!
Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Kota Bengkulu Photo Bengkulu Sejarah Bengkulu Nama Bengkulu Sejarah Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu

Thursday | 4:25 AM | 1 Comments

Investasi Bengkulu | Provins Bengkulu

Provinsi Bengkulu terletak di sebelah barat pegunungan Bukit Barisan dengan luas wilayah mencapai 19.788,7 Km². Wilayah Provinsi Bengkulu memanjang dari perbatasan Provinsi Sumatera Barat sampai ke perbatasan Provinsi Lampung, di sebelah utara berbatasan dengan Provinsi Sumatera Barat, disebelah Selatan berbatasan samudera Indonesia dan Provinsi Lampung, sebelah barat berbatasan dengan samudera Indonesia dan sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan. Secara administratif, provinsi ini terdiri dari 8 (delapan) kabupaten yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Kaur, Seluma, Muko-Muko, Lebong dan Kaphyang serta 1 (satu) kota, yaitu kota Bengkulu yang sekaligus merupakan ibu kota provinsi ini. Sampai dengan tahun 2005 jumlah penduduk di provinsi ini tercatat sebanyak 1.598.177 jiwa dengan kepadatan penduduk mencapai 81 jiwa per km².


Pada tahun 2005, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) provinsi Bengkulu berdasarkan harga konstan mencapai Rp. 6,24 triliun. sektor pertanian menjadi penyumbang terbesar dengan nilai sebesar Rp. 2,48 triliun atau sekitar 39,7% dari total PDRB, diikuti oleh sektor perdagangan, hotel dan restoran dengan nilai sebesar Rp. 1,25 triliun atau sekitar 20,1% dan sektor jasa-jasa dengan nilai Rp1,1 triliun atau sekitar 16,1%, sebagaimana grafik disamping.

Pada tahun 2005 tercatat beberapa komoditi unggulan untuk sektor pertanian diantaranya adalah padi, jagung, Kopi, Kelapa Sawit, Karet dan kelapa, sub sektor perikanan juga menyimpan potensi yang cukup besar, yaitu penangkapan ikan dan budidaya ikan.

Nilai ekspor provinsi ini pada tahun 2005 tercatat sebesar US$ 82,2 juta. Kontribusi terbesar datang dari ekspor komoditi karet dengan nilai sebesar US$ 58,2 juta, diikuti oleh batu bara dengan nilai sebesar US$ 23,3 juta, sisanya merupakan kontribusi dari komoditi kayu dan kopi.

Dalam mendukung perekonomian di provinsi ini, Bengkulu memiliki 2 (dua) kawasan industri yaitu Salau dan Sekunyit yang keduanya terletak di kabupaten Bengkulu Selatan. Provinsi Bengkulu juga memiliki 3 (tiga) pelabuhan laut yaitu Pelabuhan Bintuhan/Linau dengan panjang 70 m, Pelabuhan Malakoni/P. Enggano (70 m) dan Pelabuhan Pulau Baai (374 m). Selain pelabuhan laut, untuk transportasi udara, provinsi ini memiliki 2 (dua) bandar udara yaitu Bandara Fatmawati Soekarno dengan panjang landasan 2.250 Km yang terletak di Kota Bengkulu dan Bandara Muko-Muko di kabupaten Muko-Muko.

1 komentar:

ESAP M SI said...

cocok untuk masa depan investasi

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Zoomtemplate.com | Published by Info-Bengkulu
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.