Gratis berlangganan artikel info-bengkulu via mail, join sekarang!
Profile Facebook Twitter My Space Friendster Friendfeed You Tube
Kompas Tempo Detiknews
Google Yahoo MSN
Kota Bengkulu Photo Bengkulu Sejarah Bengkulu Nama Bengkulu Sejarah Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu

Saturday | 1:54 PM | 0 Comments

Pusat Latihan Gajah Seblat (PLG) | Objek Wisata Bengkulu

Klik Photo untuk gambar Full
Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat merupakan lokasi yang digunakan untuk melatih dan membantu proses perkembangbiakan gajah-gajah liar sumatra (elephas maximus sumatrensis) yang terdapat di Propinsi Bengkulu. Tempat yang menjadi salah satu tujuan wisata di Propinsi Bengkulu ini berdiri pada bulan Oktober 1992 melalui SK Menhut No. 658/Kpts-ll/1995 tanggal 8 Desember 1995, memiliki luas sekitar 6800 hektar, dan merupakan bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS).

Selain sebagai kawasan konservasi bagi sekitar 200 ekor gajah liar sumatra, PLG Seblat juga merupakan habitat bagi beberapa flora dan fauna langka khas Pulau Sumatra. B. Keistimewaan
Di kawasan Pusat Latihan Gajah (PLG) Seblat pengunjung akan disuguhi dengan berbagai jenis atraksi gajah yang cukup memukau. Di tangan para pelatih yang sudah berpengalaman, gajah-gajah yang tadinya liar disulap menjadi hewan jinak dan cerdas yang sanggup memahami instruksi manusia. Bagi pengunjung yang baru pertama kali menyambangi kawasan ini, pasti akan terkagum-kagum melihat gajah-gajah tersebut mampu melakukan atraksi-atraksi seperti menggendong manusia, berdisko, mengalungkan bunga, membawa bendera, menebak angka/huruf, bermain sepak bola, berbaris, gajah pacaran (gajah jantan membawa payung dan gajah betina memeluknya), dan lain-lain.

Belum hilang perasaan kagum atas atraksi gajah-gajah di kawasan ini, pengunjung akan dibuat terkagum-kagum lagi ketika melihat keistimewaan lainnya dari kawasan konservasi ini. Sebab, di kawasan PLG Seblat juga terdapat flora dan fauna langka yang dilindungi oleh pemerintah. Selain bunga Rafflesia (rafflessia arnoldi), pengunjung akan menjumpai hewan-hewan langka seperti tapir, rusa, badak sumatra, harimau loreng sumatra, kucing emas, kambing hutan, berbagai jenis ular, siamang, simpai, kera ekor pendek, berbagai jenis burung (rangkong, beo, pergam), ayam hutan, elang, dan lain-lain. Konon, di kawasan ini juga beberapa kali ditemukan jejak manusia pendek, namun untuk memastikannya dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

* javatoursandtravel

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails
 
Copyright © 2010 - All right reserved | Template design by Zoomtemplate.com | Published by Info-Bengkulu
Proudly powered by Blogger.com | Best view on mozilla, internet explore, google crome and opera.